Masa Pengnalana Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun 2020 ini serentak di seluruh Indonesia mengalami perubahan daripada tahun-tahun sebelumnya. Dimasa pandemi seperti ini seluruh sekolah melakukan MPLS melalui daring, termasuk di SMK ISLAM TERPADU IBNU KATSIR.

MPLS 2020 Di SMK Islam Terpadu Ibnu Katsir di laksanakan secara daring melalui aplikasi zoom dan langsung. Kegiatan MPLS secara daring akan dilaksanakan selama 4 hari, dari senin sampai kamis. Materi yang disampaikan seputar Motivasi Menghafal, Kegiatan Tahfidz Santri, Peraturan dan Pengenalan Lingkungan Sekolah dan Pondok, Pengenalan Kurikulum Sekolah dan Kurikulum Dirosah, serta Bina Pribadi Islami. Sedangkan kegiatan MPLS secara langsung di lakukan insya Allah tanggal 28 Juli 2020, disaat santri sudah kembali ke pondok.

SMK Islam Terpadu Ibnu Katsir memulai kegiatan MPLS untuk siswa baru pada hari senin (13/7) jam 08.00 WIB. MPLS hari pertama ini di buka dan dipimpin langsung oleh Ust. Agus Setyo Gunawan, S.Si selaku Waka. Kesiswaan SMK Islam Terpadu Ibnu Katsir. Untuk acara lebih hikmat maka di bacakan ayat suci al-qur’an dari Ust. Muhammad Adil selaku Musyrif Tahfidz. selanjutnya Sambutan dan motivasi tahfidz langsung di isi oleh Mudir PPA Ibnu Katsir 3 yaitu Ust. Imam Febrianto, S.I.Kom Al-Hafidz.

Ust Imam memotivasi adik-adik siswa baru untuk menentukan targetan dari sekarang. “tentukan targetanmu dari sekarang, karena penentuan inilah yang akan menentukan apa yang harus antum lakukan kedepannya. Mau selesai 30 Juz 3 tahun atau 2 tahun? tentukan dari sekarang”, pangkas beliau. tentunya target 30 juz yang harus di capai selama sekolah di SMKIT IBNU KATSIR dan mondok di PPA IBNU KATSIR 3 harus selesai selama 3 tahun. Akan tetapi hal itu (hafal 30 Juz) bisa di raih lebih cepat jika kita menargetkan lebih cepat, tentu setelah kita menargetkan kurang dari 3 tahun maka otomatis juga harus di barengi dengan usaha yang lebih, tidur yang bisa jadi lebih sedikit dari yang biasanya, waktu senggang yang lebih sedikit dari yang biasanya.

MPLS hari pertama dilalui dengan hikmat dan tertib dari para santri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *