Study Tour

Study Tour adalah saran kegiatan siswa untuk lebih mengenal tentang dunia di luar sekolah, terutama dunia industri. karena dunia industri merupakan kegiatan pembelajaran nyata di sekolah.

Adapun peserta dalam kegiatan ini adalah 17 siswa kelas XII dan 3 Guru Pendamping SMK Islam Terpadu Ibnu Katsir, Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP).

Kegiatan ini dilakukan pada Hari selasa, 13 September 2022 dengan menaiki 1 Mobil Elf Long. dimulai perjalan dari sekolah pukul 03.00 dan kembali pukul 23.00 WIB.

Kegiatan Study Tour ini dilakukan di Wisata Petik Madu, Lawang, Malang, Jawa timur , yang mana lokasi Destinasi wisata ini berada di Kecamatan Lawang, sebelah utara Kabupaten Malang, tepatnya di Puri Kencana, Jalan Dr. Wahidin Lawang. Wisata Petik Madu lokasinya mudah dijangkau karena berada di pinggir jalan raya yang menghubungkan antara Kota Malang dan Kota Surabaya, Jawa Timur.

Tempat ini lebih dikenal sebagai wahana edukasi untuk memperkenalkan beragam jenis lebah, keunikan, dan manfaatnya didapat bagi manusia. Kita bisa mengetahui teknik beternak lebah, hingga proses memanen madu. Berjajar kotak-kotak berisi lebah dan kotak tersebut disusun cukup rapi di samping kanan dan kiri jalan masuk objek wisata ini.

Wisata Petik Madu tak hanya mengenalkan produk madu saja, seperti Bee Pollen atau Royal Jelly. Kamu juga akan dikenalkan berbagai jenis tawon yang dijadikan ternak madu. dan kita diajarkan tentang beberapa olahan madu, seperti Honey Kombucha, Honey Kefir, dan minuman fermentasi lainnya.

Kegiatan di sini dipandu oleh petugas yang sudah berpengalaman selama tahun 2012 hingga saat ini mempelajari tentang dunia lebah. Kegiatan ini  meliputi pemaparan terkait jenis lebah penghasil madu, bentuk dan karakteristik lebah (ratu lebah, lebah pekerja dan lebah pejantan), cara panen madu, cara menangani serangan lebah, berbagai jenis hasil dari ternak lebah, serta belajar mengolah dari hasil ternak lebah berupa Honey Kombucha. Dilanjutkan dengan wista keliling sekitar wista tersebut yang terdiri atas wisata memberi makan kelinci, naik motor ATV, sepeda ontel, sepeda listrik, ada kuliner makan bebek wik-wik, dan banyak lagi lainnya.

tidak hanya memperdengarkan pemaparan dari petugas wista, para siswa diminta untuk membuat laporan hasil study tour terkait apa saja kegiatan yang dilakukan saat berada wisata Petik madu. dan nantinya dikumpukan ketika sampai disekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *